Senin, 06 Juni 2011

Bagaimana bentuk Blackberry pertama kali muncul?

Siapa sih yang tak kenal perangkat super canggih besutan vendor Kanada bernama BlackBerry ini?
Mulai dari pedagang kaki lima sampai konglomerat tingkat atas belum terlihat keren kalau belum menenteng perangkat satu ini.
Tapi tahukan anda bentuk-bentuk dan model BlackBerry dari mulai pertama kali diciptakan?
Berikut ada 22 model BlacBerry dari masa ke masa yang berhasil dikeluarkan oleh RIM (Produsen BB):
1. Blackberry 850
perangkat Black Berry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999. Pendukung email dan browsing HTML terbatas, perangkat kecil menampilkan layar monokrom (layar hitam-putih).
2. BlackBerry 857
Hadir dengan layar lebih besar tapi masih monokrom
3. BlackBerry 5810
Merupakan model pertama dengan kemampuan telepon dengan headset.
4. BlackBerry 6200
menampilkan layar beresolusi 160×100 piksel tetap sama bersifat monokrom .
5. BlackBerry 6510
Merupakan sebuah ponsel yang terintegrasi dengan radio dua arah terpadu.
6. BlackBerry 6710
Ponsel seri ini memiliki layar monokrom besar dan sudah terintegrasi dengan 900/1900 MHz GSM / GPRS (bisa browsingan euyy)
7. BlackBerry 7210
Nah, ini dia Blackberry pertama yang berlayar warna.
8. The BlackBerry 7100t
Seri ini menerapkan teknologi yang disebut ‘SureType’, sehingga penggunaan keypad bisa diminimalisir.
9. BlackBerry 8700
Bisa menampilkan layar 320 ×240 piksel yang besar dan kedalaman warna 65K (65 ribu warna)
10. BlackBerry 8100
Ditandai pengenalan antarmuka trackball baru dan kamera digital 1,3 MP.
11. BlackBerry 8800 dengan dukungan GPS.
12. BlackBerry 8320 dengan fitur baru Wifi.
13. Blackberry 8330 dengan model yang lebih necis dan OS baru

Awal mula BlackBerry

Awalnya Blackberry itu didirikan oleh seorang imigran yunani di kota Waterloo, Canada. 
Pendiri Research in Motion atau sering kita dengar dengan RIM, Mike Lazaridis dilahirkan di Turki, membangun sebuah pemutar rekaman dsi Lego pada umur 4 (empat) tahun, sebuah radio pada umur 5 (lima) tahun, dan berkuliah di Universitas Waterloo.

Dia memilih drop out SETELAH memenangkan kontrak senilai 560 ribu US Dollar. Para pesimis mengasumsukan bahwa pesaing besar akan menenggelamkan produk blackberry dengan membanjiri pasar dengan produk yang serupa. Namun hingga saat ini, tidak ada satupun perusahaan seperti Nokia, motorola atau bahkan microsoft yang sanggup membuat pesaing blackberry.

Keunggulan blackbery adalah mempunyai penampilan yang sangat bersabahat dan bisa selalu terhubung, jadi dimanapun anda, anda bisa selalu mengakses email (saat ini Facebook, Blogging, dll dll). Sejak peluncurannya pada tahun 1999, blackberry telah meraup lebih dari 8 juta pelanggan di seluruh dunia.

Sejalan dengan peningkatan kemampuan layanan komunikasi seluler, blackberry pun ikut terangkat. Dan dengan makin turunnya biaya komunikasi, pada akhirnya BlackBery menjad sebuah fenomena (saat ini kayaknya di Indonesia juga lagi demam Blackberry, anak – anak muda mulai pakai alat ini yah buat nge-blog dan Facebook-an).

AWALNYA, BlackBerry ingin dinamakan POCKET LINK sebuah nama yang fungsional tapi membosankan, kemudian juga HAMPIR dinamakan STRAWBERRY, karena mirip dengan buah strawberry, tapi terkesan terlalu jinak. Sehingga dinamakan BLACKBERRY, nmaa yang akrab tapi cerdas.

BlackBerry masuk ke pasar pertama kali dengan memfokuskan diri pada layanan push e-mail.
Pada awalnya, perangkat BlackBerry hanya memiliki layar monokrom dan terkesan biasa saja, tetapi sekarang semua modelnya sudah memiliki tampilan layar berwarna. 
Saat ini, RIM juga menawarkan layanan email BlackBerry untuk perangkat-perangkat non-BlackBerry seperti Palm Treo dan Nokia E61, melalui peranti lunak BlackBerry Connect.

Mengapa banyak orang yang kepincut BlackBerry? adalah keunggulannya dapat mudah menshare photo, cerita,  dan mengkomentari hal-hal tersebut oleh banyak orang. Serta dapat mengirim dan menerima surat elektronik, secepat mengirim dan menerima SMS.

BB pun menjadi gadget yang wajib dimilki oleh remaja-remaja yang inign diakui ke-eksist-annya. Setelah serial Gossip Girl secara fenomenal mempromosikan BB. Serial tentang kehiduppan anak-anak muda upper Class Manhattan, Ney York-USA itu melabeli Blackberry sebagai lambang status kelas atas.